Selasa, 10 Januari 2017

Semakin maraknya aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin di Gunung Mayat dan Gunung Belang Daras desa Tanjung Kecamatan Bajuin Kabupaten Tanah Laut Kalsel sehingga dapat merusak lingkungan dan tanah longsor.
Anggota Sat Sabhara Polres Tanah Laut yang dipimpin oleh Kasat Sabhara AKP Riswiadi,S.Sos,M.Ap melaksanakan patroli dialogis ke rumah Kepala Desa Tanjung Kec. Bajuin Sdr Iskandar untuk mencari informasi seputar aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di wilayahnya.
Kepala desa menjelaskan bahwa Penambangan Emas Tanpa Izin dilakukan oleh sekitar 70 orang dari desa Tanjung dan sekitar 30 orang campuran dari desa Pelaihari, desa Bajuin dan sekitarnya. Adapun kegiatan penambangan emas dilakukan dengan 2 cara yaitu :

1. Dengan cara melubangi / menabuk tanah untuk mencari batu yang mengandung emas dengan kedalaman sampai 80 meter.  
2. Tebang Larut : yaitu dengan cara menyemprotkan air ke dinding bebatuan atau tanah gunung dengan menggunakan mesin dumping dengan daya semprot besar untuk melarutkan hasil semprotan ke parit yang sudah dipersiapkan untuk mengikat emas berupa ambal atau keset yang disusun rapi. Cara ini mengakibatkan longsornya tanah dan pepohonan banyak yang tercabut atau tumbang. 

Kemudian Patroli dilanjutkan menuju tempat Penambangan Emas Tanpa Izin yang ada di gunung Mayat dan gunung Belang Daras.
Untuk sampai ke tempat tersebut harus melalui medan yang menanjak, bebatuan, tanah merah licin, sempit dan banyak lobang bekas penambangan emas.

Untuk menuju gunung Mayat masih bisa ditempuh dengan menggunakan motor Raimas Sabhara. Disini tidak ditemukan penambang maupun mesin mesin yang digunakan untuk menambang yang ada hanya lobang dan tenda tenda yang ditinggalkan oleh para Penambang Emas Tanpa Izin.
Kemudian untuk menuju puncak gunung Belang Daras  hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki karena jalan sangat licin, bebatuan, tanjakan tinggi dan sangat berbahaya. Disini ditemukan 20 lobang dalam dan tenda tenda, sedangkan para penambang sudah tidak lagi di lokasi.
Menurut informasi masyarakat bahwa puncak gunung Belang Daras merupakan tempat lobang para Penambang Emas Tanpat Izin (PETI) yang sudah menghasilkan milyaran rupiah.

Dalam pelaksanaan patroli ke gunung Mayat dan gunung Belang Daras banyak ditemukan kerusakan batu, tanah akibat banyaknya lobang dan parit untuk Tabang Larut oleh para Pebambang Emas Tanpa Izin (PETI).



Medan menuju gunung Belang Daras


Medan menuju gunung Belang Daras
Meda menuju gunung Mayat


























0 komentar:

Posting Komentar

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.

Social Icons

Social Icons

Featured Posts

Sponsor

Artikel Disarankan