Rabu, 07 Juni 2017


Setelah pelaksanaan apel pagi, Rabu tanggal 07 Juni 2017. Kasat Sabhara Polres Tanah Laut AKP Riswiadi, S.Sos, M.Ap di depan penjagaan memberikan APP kepada khusus anggota Sat Sabhara dengan materi Persekusi dan Diskresi Kepolisian serta Perkap 01 tahun 2009 tentang Penggunaan Kekuatan dalam tindakan Kepolisian.

Kasat mengatakan, setiap Polisi di dunia punya kewenangan Diskresi untuk mengambil upaya paksa atas keadaan genting, namun diskresi jangan sampai diterapkan berlebihan hingga jadi kebablasan seperti penembakan mobil satu keluarga di Sumatera Selatan oleh Polisi. Akibatnya polisi memberondong kearah mobil tersebut. Padahal mereka yang ada di dalam mobil itu hanya warga biasa.
Setiap anggota Polisi harus punya kemampuan untuk mampu menilai dan mengambil tindakan yang tepat, jika dirasa membahayakan diri sendiri dan masyarakat, petugas bisa melakukan tindakan tegas.

Selanjutnya Kasat Sabhara memerintahkan anggotanya untuk melakukan peragaan mengenai Persekusi dan Diskresi Kepolisian. Bagaimana jika terjadi satu peristiwa tertentu dan apa yang harus dilakukan polisi, jangan sampai tindakan yang diambil berlebihan, dan jangan terlambat dalam merespon peristiwa tersebut. Bertindak berlebihan tidak boleh, bertindak terlalu kurang juga bisa jadi masalah.

Kemudian AKP Riswiadi, S.Sos, M.Ap melanjutkan memberikan arahan tentang tahapan Peraturan Kapolri Nomor 1 tahun 2009 sbb :
  1. Tahap I     : Different / Pencegahan.
  2. Tahap II    : Verbal / memberikan peringatan dengan lisan.
  3. Tahap III   : Pegangan tangan lunak.
  4. Tahap IV   : Pegangan tangan keras.
  5. Tahap V    : Dengan menggunakan alat (tongpol).
  6. Tahap VI   : Dengan menggunakan Senpi.
Diharapkan anggota sat Sabhara Polres Tanah Laut mampu dan mengerti tentang Persekusi dan Diskresi Kepolisian serta Perkap 01 tahun 2009.

Selama kegiatan berlangsung, berjalan dengan aman dan lancar.




0 komentar:

Posting Komentar

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.

Social Icons

Social Icons

Featured Posts

Sponsor

Artikel Disarankan